Track & Trace X

LIVE CHAT X

Persiapan Kendaraan Mobil

1. Periksa Air dan Terminal Baterai

Periksa ketinggian elektrolit antara batas atas (upper limit) dan batas bawah (lower limit), bila ketinggian elektrolit di bawah batas bawah, maka lakukanlah pengisian air baterai dengan menggunakan air suling (gunakan air aki dengan botol warna biru).

Periksa kekencangan klem dan kebersihan terminal baterai. Terminal yang kendor dan kotor akan mengakibatkan aliran arus listrik terhambat, sehingga akan menggangu sistem kelistrikan secara keseluruhan.

2. Periksa Air Radiator

Periksa ketinggian air pendingin mesin pada tangki cadangan (reservoir tank) saat mesin dingin. Periksa ketinggian cairan pendingin antara garis"FULL" dan "LOW". Jika ketinggian cairan pendingin berada pada garis LOW atau dibawahnya, maka lakukan penambahan cairan pendingin hingga garis FULL.

3. Periksa Air Pembersih Kaca

Pastikan bahwa ketinggian cairan pembersih kaca sudah mencukupi pada tangki cadangan (reservoir tank). Gunakan selalu cairan pembersih yang kondisinya bersih. Cairan yang kotor dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran pembersih.

4. Periksa Volume Minyak Rem dan Kopling

Periksa tangki cadangan (reservoir tank) yang terdapat di master rem dan master kopling, di mana ketinggian minyak berada di antara garis “MAX” dan garis “MIN”. Jika ketinggian minyak terlalu rendah (di bawah garis “MIN”), isi perlahanlahan minyak hingga garis “MAX”. Gunakan minyak rem dan kopling yang direkomendasikan oleh produsen (contoh. FMVSS116 DOT 3 atau SAE J1703). Minyak rem dan minyak kopling jenis dan tipenya sama.

5. Minyak Power Steering

Periksalah ketinggian minyak power steering dengan prosedur sebagai berikut:

a. Parkirkan kendaraan pada permukaan yang datar dan aktifkan rem parkir.

b. Periksa ketinggian minyak power steering. Pada saat mesin masih dingin, permukaan minyak power steering berada pada garis “COLD” dan bila temperatur mesin sudah panas maka permukaan minyak berada pada garis “HOT”.

c. Jika ketinggian minyak berada di bawah garis “COLD” maka isilah secara perlahan-lahan dengan menggunakan minyak yang bersih sampai pada kedua garis COLD atau HOT tergantung temperatur mesin saat mengisi minyak. Gunakan minyak power steering yang direkomendasikan oleh produsen, contoh: ATF DEXTRON-II

6. Periksa Volume Oli Mesin

Lakukan pemeriksaan dengan prosedur sebagai berikut:

a. Parkirkan kendaraan pada tempat yang datar.

b. Panaskan mesin untuk menaikkan temperatur mesin dan kemudian matikan

INFORMASI TERKINI